14 October 2016

MASJID AR-fahruddin Ddan SPBU

Posted by Endah Setyo Rini under: Uncategorized .

photogrid_14764084382511

Masjid AR-Fachruddin, Unmuh Malang, Masjid Kampus Terbesar di Asia Tenggara Bangunan Masjid ini memadukan tiga nafas kebudayaan sekaligus, yaitu Jawa, Arab dan modern. Masjid kampus tak lagi jadi fasilitas pelengkap semata, tapi justru sebagai bagian penting dan penegas identitas yang membanggakan. Lama pembangunan masjid yang berlokasi di Jalan Raya Tlogomas ini memakan waktu 23 bulan, Ide bangunan masjid ini datang dari Malik Fadjar yang saat itu menjabat sebagai rektor UMM. Arsitekturnyapun memadukan berbagai unsur kebudayaan, diantaranya kebudayaan Jawa, Arab dan modern. Kebudayaan Jawa ditandai cungkup di ujung masing-masing kubah. Ornamen dan pilarnya dibuat dengan gaya modern yang menggambarkan semangat modernitas dalam menampilkan ajaran Islam.

 

photogrid_14764085899831

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU ) yang di bangun di sebelah kanan masjid AR. FAHRUDDIN dan tepatnya di pintu keluar Kampus III UMM yang ada di seblah timur. SPBU UMM ini cukup luas sehingga tidak bingung jika kita mau mengisi bensin disana,

Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa.

SPBU UMM akan dilengkapi dengan cafetaria dan resting area yang bertempat di lantai dasar. Pendirian SPBU ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM sangat banyak dengan kebutuhan bahan bakar kendaraan sangat tinggi. Selain sebagai profit centre, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar.

Leave a Reply